Selasa, 08 Februari 2011

Namto Hui Roba dan Husen Abd Fatah resmi pimpin Halbar




Gubernur lantik  Bupati dan Wakil Bupati Halbar ///
JAILOLO—Pemilukada Kabupaten Halmahera Barat mencapai klimaksnya,  jumat (4/2), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diwakili Gubernur Maluku Utara Drs Thaib Armayin atas nama Presiden Republik Indonesia, melantik Ir Namto Hui Roba dan H Husen Abd Fatah SIP sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Kabuputen Halmahera Barat periode 2011-2016.
Prosesi pengambilan sumpah jabatan, pasangan yang semasa kampanye akrab disebut pasangan NHR (Hamto-Husen-Pro-Rakyat) ini, berlangsung dalam sebuah rapat paripurna istimewa yang dipimpin ketua DPRD Juliche Dolvina Baura STh, sekitar pukul 10,00 WIT, di ruang sidang utama gedung DPRD Kabupaten Halmahera Barat. 
Di-apit dua rohaniawan (islam dan Kristen Protestan), dihadapan Gubernur dan disaksikan ratusan undangan, Namto dan Husen kompak mengucapkan ikrar sumpah jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati penuh khidmat. Usai membimbing pasangan yang diusung DPC PDI-P dan DPD II Golkar Halbar mengucapkan sumpah, orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Maluku Utara ini kemudian melantik keduannya dengan cara, menyamatkan pangkat/pin di pundak dan din dada kanan masing-masing Namto dan Husen, diikuti penandatanganan berita acara.
suasana rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut, disaksikan ratusan undangan, diantaranya jajaran unsur muspida seprovinsi Maluku Utara, utusan dari DPP PDI-P, pimpinan dan anggota DPRD Halbar, pimpinan partai politik di Kabupaten Halmahera Barat, Sekda dan jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dalam lingkup Pemkab Halbar serta simpatisan dan masyarakat, yang menghadiri rapat  paripurna istimewa tersebut.
Dalam sambutannya Gubernur Drs Thaib Armayin mengatakan, Bupati Namto Hui Roba dan Wakil Bupati H Husen Abd Fatah, yang telah diambil sumpahnya, bukan lagi milik sekelompok orang atau milik tim sukses tertentu, tetapi, keduannya telah menjadi milik masyarakat Halmahera Barat. Karena mereka berdua dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halbar, bukan Bupati dan Wakil Bupati sekelompok orang.
“Jabatan adalah amanah rakyat oleh sebab itu, jalankan amah itu sebaik mungkin, mulai saat ini (saat pelantikan,red) dipundak saudara berdua (Namto Hui Roba dan Husen Abd Fatah), Masyarakat Halmahera Barat menggantungkan harapan mereka, bahwa Halbar, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Program pembangunan yang sudah dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, yang belum selesai dikerjakan, sekiranya dilanjutkan, jika itu menjadi sebuah kebutuhan masyarakat halbar. Tidak bisa dipungkiri masih banyak kekurangan dibalik keberhasilan yang telah dilaksanakan pejabat sebelumnya, efektifkan koordinasi dengan seluruh stackholder yang ada di halbar dan pemerintah provinsi, agar pembangunan yang kita jalankan tidak terjadi tumpang tindih,”pinta Gubernur.
Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada mantan Wakil Bupati Ir Penta Libela Nuara, atas pengabdiannya saat menjabat sebagai Wakil Bupati Halmahera Barat mendampingi Ir Namto Hui Roba, lima tahun silam. Rapat istimewa disudahi dengan acara jabat tangan dan ucapan selamat kepada Bupati Namto Hui Roba dan Wakil Bupati H Husen Abd Fatah SIP.
Sebelumnya di tempat yang sama, juga dilangsungkan pelantikan ketua tim penggerak PKK (Program Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Halmahera Barat Lucia Harjanti Namto oleh ketua tim penggerak PKK Provinsi Maluku Utara Nuryati Armayin.(hms)

1 komentar: