Selasa, 01 Februari 2011


Konsen dengan program sekolah unggulan di Kecamatan
Bupati Namto perintahkan instansi teknis siapkan regulasi
JAILOLO SELATAN—Bupati Namto H Roba benar-benar konsen dengan program sekolah unggulan di setiap kecamatan, dalam wilayah Kabupaten Halmahera Barat. Dia bahkan memerintahkan kepala dinas pendidikan, kepala UPTD pendidikan di setiap kecamatan, para pengawas sekolah, dan camat dalam wilayah Kabupaten Halmahera Barat, agar berkoordinasi menyiapkan regulasi dan persyaratan teknis penetapan sekolah unggulan.
“Tahun depan (2011), saya ingin setiap kecamatan harus memiliki sekolah unggulan disemua tingkatan,”sahut Namto. Dalam sambutannya di sela-sela pelantik beberapa kepala sekolah dalam wilayah di kecamatan Jailolo Selatan dan Jailolo Timur, selasa (2/11) di desa Moiso kecamatan Jailolo Selatan.
Program sekolah unggulan di setiap kecamatan sebagaimana diutarakannya di atas, selain sebagai wujud pelaksanaan kebijakan nasional dan daerah dalam bidang pendidikan, juga merupakan obsesi dan impiannya dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. “Saya berobsesi, mutu pendidikan di Halbar harus setara dengan daerah maju lainnya di bagian barat indonesia,”tandas pria yang kembali bertarung dalam pilkada Bupati/wabup Halbar.
Diklaimnya, sejak menahkodai kabupaten ini empat tahun silam (bersama Penta L Nuara, yang kini menjadi rifalnya), Namto bersyukur, dalam program peningkatan mutu tenaga pendidik (guru) berjalan dengan baik. Dalam program ini Pemkab Halbar menggandeng beberapa universitas terkemuka diantaranya Unima Manado, Unkhair Ternate dan Unima Tobelo.
“Di tahun 2011 program ini akan terus dimantapkan, sehingga harapan untuk meningkatkan mutu tenaga guru dapat terwujud dengan baik,”janjinya.
Di tempat yang sama, politisi dari PDI-P ini menitipkan pesan bagi para kepala sekolah yang dilantik untuk memimpin beberapa sekolah yang ada di wilayah kecamatan Jailolo Selatan dan Jailolo Timur. Pesan-pesan tersebut adalah jadi pemimpin yang baik di sekolah, bimbing dan bina para staf/guru yang ada di sekolah, mengutamakan pelayanan kepada siswa, serta  selalu meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas.
“Laksanakan dengan baik, peraturan bupati halmahera barat nomor 1 tahun 2009 tentang pendidikan gratis. Saya (Namto,red) tidak mau dengar ada keluhan dan laporan dari  masyarakat, terkait dengan pungutan dan iuran di sekolah-sekolah. Saya mengerti dan memahami benar kesulitan yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru-guru dalam menerapkan program pendidikan gratis, namun perlu diingat bahwa kesulitan para orang tua  untuk menye-kolahkan anaknya, jauh lebih sulit, jika dibandingkan dengan tugas yang dijalankan para guru,”tutup Namto.
Dalam lawatannya di Kecamatan Jailolo Selatan tersebut, Bupati Namto meresmikan penegerian beberapa sekolah diantaranya, SMA Negeri 1 Jailolo Selatan, SMA Negeri 2 Jailolo Selatan, SMK Negeri 1 Jailolo Selatan, SMK Negeri 2 Jailolo Selatan, SMP Negeri 2 Jailolo Selatan dan SMK Negeri 1 Jailolo Timur.(ary)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar